Masalah Terpecahkan : You do not have sufficient permissions to access this page

Salah satu masalah yang timbul manakala kita menambah keamanan wordpress atau menguatkan keamanan wordpress adalah munculnya pesan error ketika kita hendak masuk ke halaman admin wordpress. Pesan Error Wordpress tersebut adalah sebagai berikut:
You do not have sufficient permissions to access this page
Halaman non admin atau halaman umum sebenarnya biasa saja, tidak ada masalah, dan tidak ada perubahan. Namun kita tidak bisa mengakses halaman admin meskipun pasword dan yang lainnya sudah benar.
Masalah ini timbul karena saya mengubah table prefix wordpress saya dari wp_ menjadi yang lainnya. Untuk mengatasinya, kita perlu mengubah table prefix yang ada di wp-config.php dan yang ada di database.
Yg ada di wp-config.php bisa kita ganti dengan langkah find and replace pada code editor. Sedangkan pada database, ada cara yang saya temukan di internet seperti in;

UPDATE `newprefix_usermeta` SET `meta_key` = REPLACE( `meta_key` , 'wp_', 'newprefix_' );

UPDATE `newprefix_options` SET `option_name` = 'newprefix_user_roles' WHERE `option_name` ='wp_user_roles' AND `blog_id` =0;

Catatan:
newprefix_ : prefix anda yang baru
wp_ : prefix anda yang lama


update:

Saya mencoba untuk kode diatas, tapi terus terang untuk kode diatas, saya tidak tahu mengapa tidak "working". Berikut ini saya kasih kode yang sudah teruji oleh saya sendiri

  • update wpPERFIXBARU_usermeta set meta_key = 'wpPERFIXBARU_capabilities' where meta_key = 'wp_capabilities';
  • update wpPERFIXBARU_usermeta set meta_key = 'wpPERFIXBARU_user_level' where meta_key = 'wp_user_level';
  • update wpPERFIXBARU_usermeta set meta_key = 'wpPERFIXBARU_autosave_draft_ids' where meta_key = 'wp_autosave_draft_ids';
  • update wpPERFIXBARU_options set option_name = 'wpPERFIXBARU_user_roles' where option_name = 'wp_user_roles';

Cara instant tersebut cukup menarik, namun saya biasa melakukan cara manual untuk mengubah prefix baru yang ada di database wordpress. Tapi keduanya menurut saya sama saja. Hanya saja, ketika melakukan edit manual, saya merasa lebih aman. Jadi demikianlah cara menyelesaikan masalah wordpress : You do not have sufficient permissions to access this page.

3 komentar:

  1. masih bingung ,, itu di tarok dimana om

    BalasHapus
  2. Terima kasih untuk artikelnya yang sangat cemerlang. Sangat membantu saya, sebab saya juga mengalami hal yang sama untuk website saya: https://www.rs-onlineshopping.com/ Kalau saya cari di Forum WordPress permasalahan tersebut katanya dari pembaruan plugin Wordfence, benarkah?

    BalasHapus