Golongan SIM, Macam SIM, Jenis SIM

Golongan SIM, Macam SIM, Jenis SIM
Golongan SIM, Macam SIM, Jenis SIM
Penggolongan SIM yang saya dapatkan dari seminar ketika mencari SIM massal beberapa waktu yang lalu, mekipun cukup membantu, namun ada beberapa hal yang saya belum pahami. Berikut ini hasil catatan saya dari seminar tersebut mengenai golongan SIM atau macam SIM yang ada di Indonesia;
Golongan SIM A
yakni untuk kendaraan yang memiliki bobot kurang dari 350kg. Ini termasuk dalam mobil pribadi.
Golongan SIM B1
yakni untuk kendaraan yang memiliki bobot lebih dari 3500kg. di sana dicontohkan engkel
Golongan SIM B2
Nah ini yang saya kurang paham. Di sana disebutkan bahwa jenis SIM ini untuk kendaraan yang memiliki bobot lebih dari 1000 kg dan dicontohkan sebagai bus, tronton, walles( entah apa itu welles). Yang menjadikan saya bingung adalah bahwa katanya orang yang memiliki SIM B2 ini boleh mengendarai kendaraan yang boleh dikendarai oleh jenis SIM A dan SIM B1. Bagaimana mungkin bobot 1000kg bisa lebih besar dari 3500kg??? atau apa pembicara salah ngomong bahwa itu adalah 10ribu kg? atau saya salah dengar? entahlah.
Golongan SIM C
ini sudah umum. sudah banyak orang punya. SIM untuk kendaraan roda 2.
Golongan SIM D
yakni sim khusus penyandang cacat
Lantas bagaimana dengan SIM Sepeda listrik? well, kata pembicara sepeda listrik belum perlu SIM :)
Adapun mengenai Syarat sim adalah Usia minimal 17th
nah itu tadi hasil rekapan saya mengenai golongan SIM atau jenis-jenis SIM atau macam-macam SIM yang saya ketahui dari seminar untuk mendapatkan SIM.

6 komentar:

  1. Terima kasih atas sdikit ilmunya.hehe
    salam dari www.ohjadibegitu.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Sim B2 itu untuk alat berat, truck gandeng, yg di maksud 1000kg itu yg di gandeng nya di belakang, bukan muatan bak truck nya. 3500kg +1000kg.

      Hapus
  2. Mobil engkel roda 4 termasuk golongan sim ap ?

    BalasHapus
  3. 1000kg yg di gandeng bkn brat kndaraan yg di bawa

    BalasHapus
  4. Apakah mobil engkel masuk sim A.karna mempunyai roda 4 dan berat kendaraan kurang dari 3500kg.

    BalasHapus