Listrik menggunakan Genset , Generator Diesel

Hari ini listrik mati sehingga tempat kami terpaksa menggunakan genset atau Generator Listrik berbahan bakar Solar / Diesel. Listrik yang dihasilkan oleh Genset ini cukup kuat untuk mengangkat berbagai peralatan listrik yang ada di tempat kami. Daya dari mesin genset yang saya miliki seingat saya sekitar 4000Watt. Sebesar itu? Apa daya Genset tersebut tidak terlalu besar?
Begini ceritanya. Dulu ketika membeli genset ini saya sempat terpikir untuk membeli genset dengan ukuran yang lebih kecil, yakni yang berdaya sekitar 900an Watt. Saya tertarik dengan genset kecil ini karena selain ukurannya yang kecil, harganya juga ringan, sekitar 3juta. Hanya saja, generator ini berbahan dasar bensin. Awalnya sih saya tidak mempunyai masalah dengan mesin berbahan bensin. Apalagi selama ini, semua kendaraan yang saya miliki bermesin bensin. Namun kemudian, setelah penjual memprofokasi dengan menunjukkan berbagai kelemahan dari mesin bensin dibandingkan mesin diesel, saya kemudian mantap memilih mesin diesel atau generator diesel berbahan bakar solar. Dari pengalaman saya, perbandingan mesin diesel dan mesin bensin yang paling jelas adalah ketika kedua mesin ini tidak digunakan dalam jangka waktu lama. Saya pernah me-nganggur-kan salah satu sepeda motor berbahan bensin yang saya miliki dalam jangka waktu sekitar 2 minggu. Dan setelah jangka waktu tersebut, saya memiliki kesulitan dalam menyalakan mesin motor tersebut. Masalahnya kemudian adalah apabila generator berbahan bakar bensin yang saya pilih, tentu saya akan mengalami kesulitan mengingat pemadaman listrik PLN bisa terjadi lebih dari 2 minggu sekali. Dan disinilah keunggulan dari mesin diesel, yakni tidak ada masalah dalam menghidupkan mesin genset diesel meskipun tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.
Lantas, kemudian balik lagi ke soal mengapa saya membeli dengan daya yang besar? Jawabannya adalah generator diesel yang terkecil dayanya adalah segitu, jadi tidak ada generator diesel dengan daya 900 watt atau lebih kecil dari itu. Jadi begitulah tadi pengalaman saya menggunakan generator diesel untuk memenuhi kebutuhan listrik saat pemadaman listrik PLN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar