Cek Internet SMS 3636 telkomsel

Pagi ini saya melakukan cek internet telkomsel saya menggunaakn sms. Jadi saya melakukan cek internet via SMS ke 3636. Ini mudah saya ingat mengingat angka 3636 mirip seperti 3G3G atau dobel 3G. 3G sendiri merupakan sebuah jalur layanan internet, jadi sangat mudah untuk dihapal.
Hanya saja, beberapa bulan belakangan ini sepertinya layanan internet telkomsel mengalami perubahan. Terbukti ketika saya melakukan SMS ke 3636 dengan format UL INFO. Jawabannya adalah

"maaf untuk melakukan pengecekan sisa paket, silakan akses *889#"

Well, ini adalah berita buruk bagi mereka yang menggunakan modem sebagai jalur untuk koneksi internet. Mengapa? Karena dengan adanya hal ini, menjadikan mereka (termasuk saya) harus menggunakan HP untuk melakukan pengecekan kuota internet telkomsel. Ini didukung dengan adanya fakta bahwa tidak semua modem yang ada di pasaran memiliki fasilitas untuk melakukan telepon. Kalaupun ada, biasanya itu adalah modem CDMA seperti Esia , Flexi , Smartfren dll. Jadi saat ini sepertinya cara cek Internet via SMS telkomsel sudah tidak bisa lagi digunakan, entah beberapa bulan kedepan.

1 komentar: