Hibernate Windows

Hibernate windows adalah salah satu kondisi dimana kita mematikan komputer tanpa kehilangan data-data yang sedang kita kerjakan. Dari pengalaman yang saya lakukan, hibernate windows sedikit berbeda dengan stand by windows. Pada kondisi hibernate windows, saya mengamati bahwa tidak ada sama sekali listrik yang digunakan. Berbeda dengan kondisi stand by windows yang mengkonsumsi listrik. Bagaimana saya mengetahui hal itu? Well, saya melakukan kedua kondisi diatas (hibernate dan standby) pada laptop komputer saya.
Seperti yang kita ketahui, laptop menggunakan baterai, sehingga saya bisa mengamati perubahan kondisi listrik yang tersedia pada baterai dari laptop komputer saya. Pada kondisi stand by, lampu indikator LED masih berkedip-kedip, dan ketika saya hidupkan setelah lama dalam kondisi stand by, listrik yang ada pada baterai laptop menjadi berkurang. Sedangkan pada keadaan hibernate, saya mendapat hasil pengamatan bahwa listrik baterai sama seperti pada saat saya tinggalkan.
Lantas apa kelebihan dan kekurangan hibernate dibandingkan kondisi stand by pada windows? Jawabannya adalah kecepatan dihidupkan kembali. Kalau pada kondisi stand by dengan menyentuh tombol keyboard maka laptop segera menyala, sedangkan pada kondisi hibernate, perlu beberapa saat agar laptop kembali menyala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar