Pengertian Kartel, Definisi Kartel

Beberapa waktu yang lalu saya menonton filem mengenai geng  narkotika / narkoba. Di dalam filem tersebut sering disebut istilah kartel atau cartel. Dulu saya pernah mendengar istilah kartel ini di dalam pelajaran ekonomi, namun dulu saya mengira bahwa ini adalah sebuah istilah dalam bahasa indonesia saja. Namun begitu saya mendengar istilah cartel dalam filem tersebut, mendadak saya penasaran ingin mengetahui apa definisi cartel, atau pengertian cartel itu. Yah, setidaknya ketika nonton filem tidak begitu bingung, heheh.
Nah, oleh sebab itu saya membuka KBBI alias kamus besar bahasa Indonesia untuk mengetahui definisi kartel ini. Di sana disebutkan bahwa kartel adalah organisasi perusahaan besar (negara dsb) yang memproduksi barang yang sejenis. Pengertian kartel yang lainnya adalah persetujuan sekelompok perusahaan dengan maksud mengendalikan harga komoditas tertentu.
Agar lebih puas mengenai pengertian kartel ini saya membuka kamus oxford untuk mengetahui definisi cartel dalam bahasa inggris seperti apa. Dan di sana tertulis seperti ini;
cartel a group of separate business firms wich work together to increase profits by not competing with each other
Dalam bahasa indonesia, terjemahan cartel diatas kurang lebih seperti ini; kartel adalah sebuah grup dari berbagai badan bisnis terpisah yang bekerja sama untuk meningkatkan keuntungan dengan cara tidak bersaing satu sama lainnya. Yep, kurang lebih seperti itu pengertian kartel yang saya dapatkan. Semoga ini juga bisa menjadi jawaban bagi anda yang tengah galau dalam mencari pengertian kartel atau definisi kartel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar